Leluhur saya dari sisi TAMBAJONG

Tentang Alm. Ibu saya Maria Josephina Catherina RATULANGIE – TAMBAJONG telah banyak tertulis dalam posting2 lain di blog saya.

Sekarang secara khusus saya mau laporkan mengenai makam dotu2 saya yang berada di Pondang, Amurang. Desa Pondang berada berdekatan dengan desa Lopana, lebih dekat kearah kota Amurang.

Disitu ada makam BENJAMIN TAMBAJONG yang adalah “godfather” kami yang adalah Kapala Walak ditahun 2 abad ke-19 yang pertama2 di-kristenisasi dari keluarga kami. Makamnya ditemukan kembali oleh Rano dibulan Desember 2010 sewaktu berlibur ke Minahasa. Jika saya temukan foto makam ini akan saya tambahkan disini.

Di pemakaman Pondang, yang berhadap2an denga sekiolah SMU Amurang ada pula satu gedung yang didalamnya ada 4 plus satu makam (sesuai batu nisan yang ada didalamnya) Dibawah ini ada foto2 yangaku buat sekitar pertengahan  Januari 2012. Harinya agak gerimis jadi aku tidak berlama2 disana, Cukup untuk membikin foto untuk dikirim ke Rano yang membiayai pembuatan pintu baru untuk rumah  makam tsb. Seminggu setelah pembuatan foto2 ini Bp. Girsang mengatur pengcatan rumah itu. Sayang saya belum sempat kesana lagi sehingga hari ini, 27 saya hanya dapat mengupload foto status gedung SEBELUM dicat putih.

Pandangan samping rumah makam
Pandangan samping rumah makam

Lihat jendela2 kecil: ada trali melintang yang ditambahkan.

Pandangan depan
Pandangan depan
Pandangan depan 02
Pandangan depan 02

Leave a Reply

